Pages

Sabtu, 26 Maret 2011

Beberapa tips agar tidak menjadi korban e-mail spam

Mendapati inbox e-mail kita dengan begitu banyak berisikan e-mail spam tentunya sangat mengganggu dan yang lebih membahayakan adalah e-mail spam yang tidak cuma berisikan penawaran produk kesehatan atau meningkatkan keperkasaan pria namun e-mail spam yang si pengirimnya sengaja gunakan untuk kejahatan seperti penyebaran malware ataupun phishing.
Dibawah ini beberapa tips agar kita bisa terhindar sebagai korban dari berbagai bentuk e-mail spam:
- Gunakan e-mail publik untuk keperluan pribadi
Di dunia maya ini kita harus lebih waspada termasuk juga dalam menggunakan akun e-mail. Gunakan layanan e-mail gratis seperti Yahoo atau Gmail ketika kita diminta memasukkan data untuk suatu layanan web tertentu. Jangan sekali-kali menggunakan e-mail kantor/perusahaan karena beberapa layanan web tertentu justru menjual informasi pribadi anda yang anda masukkan sendiri ketika anda mendaftar pada layanannya.
- Jangan merespon e-mail spam
E-mail spam biasanya bercirikan subyek yang sama, penawaran viagra, mendapatkan lotere ataupun mendapatkan diskon. Jika ada kata-kata seperti itu di subyek atau isinya maka hiraukan saja tidak perlu untuk meresponnya.
- Jangan mengklik link yang ada didalam e-mail
E-mail spam dicirikan dengan adanya link dalam isi e-mailnya. Kalau anda merasa tidak mengenal siapa yang mengirim e-mail kepada anda baiknya anda tidak perlu untuk mengklik link yang ada didalamnya.
- Hati-hati terhadap e-mail yang mengandung attachment
Seringkali tukang spam mengirimkan e-mail dengan penambahan attachment. Jika anda tidak merasa mengenal siapa pengirimnya jangan membuka attachment yang dikirimkan oleh siapa saja karena bisa saja mengandung virus atau program jahat.
- Jangan memberikan informasi melalui e-mail survey
Trik lainnya yang dilakukan tukang spam adalah berpura-pura sedang melaksanakan survey melalui e-mail. Mereka akan meminta anda memasukkan data-data pribadi demi 'kepentingan' survey. Jangan pernah mau!!!
- Bandingkan link yang ada di dalam e-mail dengan link subyek e-mail apakah sama
Jika anda menemukan perbedaan antara link subyek e-mail si pengirim dengan link yang ada di dalam e-mail maka berhati-hatilah.
- Tuju langsung website yang ada di iklan itu
Lebih aman bagi anda untuk langsung menuju website yang diiklankan dibanding meng-klik langsung link yang terdapat di dalam isi e-mail
- Hubungi langsung perusahaan yang mengirimkan e-mail untuk memastikan keasliannya
Masih ragu-ragu apakah e-mail itu berasal langsung dari suatu perusahaan atau tidak? Langsung saja hubungi perusahaan tersebut dan tanyakan ke mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger