Pages

Minggu, 21 November 2010

ada apa dengan windows 7

Ada apa dengan Windows 7

Microsoft Windows 7merupakan sistem operasi pengembangan dari Windows Vista dengan banyak penyempurnaan dan penambahan fitur. Jadi Windows 7 ini bukanlah pengganti Windows Vista sebagaimana iformasi yang berkembang di masyarakat saat ini. Dengan kata lain, Windows 7 adalah sistem operasi pengembangan dan penyempurnaan dari sistem operasi sebelumnya, baik Windows XP maupun Windows Vista dengan penambahan berbagai fitur baru dan kemampuan baru yang sebelumnya tidak ada di Windows versi sebelumnya.

Seperti halnya Windows XP ataupun Vista, Windows 7 pun yang akan diluncurkan Microsoft kemungkinan besar meliputi 7 versi Windows 7 yang berbeda. Artinya antara satu bundel Windows 7 dengan bundel lainnya tidak akan sama, umpamanya untuk Starter Edition, tidak akan sama dengan Home Premium, ataupun Professional. Windows 7, ternyata selain banyak fitur barunya, juga kehadiran sistem ini tidak lagi 6 seperti Windows Vista, karena Windows 7 hadir dengan bundel baru yaitu Windows “E”.

Windows 7 hadir dengan Windows 7 Enterprise, dengan Windows 7 Ultimate juga tidak akan sama. Hal yang sama juga berlaku untuk Windows 7 Home Basic tidak akan sama dengan Windows 7 Professional.
Terlepas dari perbedaan kelengkapan dan fitur yang ada di masing-masing sistem operasi tersebut, secara umum Windows 7 tentu saja sama. Hanya saja antara Windows Home basic dengan Windows 7 Ultimate tentu tidak secara utuh sama, artinya fasilitas yang ada di Windows 7 Ultimate tidak seluruhnya ada di Windows Home Basic, begitu juga dengan versi lainnya. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan kemampuan dan spesifikasi komputer yang dimiliki dengan keperluan Anda. Untuk apa dan untuk menjalankan aplikasi apa saja komputer Anda dengan Windows 7 tersebut. Jadi apabila Anda hanya menjalankan aplikasi Microsoft Office mungkin Anda cukup menggunakan Windows 7 Home Basic saja. Namun dengan berbagai keperluan dan berbagai aplikasi yang akan dijalankan tentu Anda harus memasang Windows 7 Ultimate atau Windows 7 Enterprise.

Ada apa dengan Windows 7

Microsoft Windows 7 ini mempuyai banyak fitur baru, walaupun relatif masih deket dengan Windows Vista, tetapi di Windows 7 semua kemampuan yang ada di Windows Vista sudah disempurnakan.
Pada Windows 7, walaupun Microsoft tidak banyak merombak tampilan desktop, tetapi fasilitas yang ada lebih disemurnakan, juga dengan tombol start yang semakin interaktif dan hidup. Selain itu tentu saja Microsoft telah menambah berbagai fitur mulai dari ikon sampai dengan tampilan disetiap jendela. Walaupun Microsoft Windows 7 bukan meruapakan suatu revoluasi tetapi tetap saja kehadirannya akan mengguncang sistem operasi dunia dimasa yang akan datang.

Ada satu hal yang cukup menarik dari Windows 7 ini antara lain “Process Reflection”. Dengan fasilitas ini akan mengurangi gangguan yang disebabkan oleh proses diagnostik. Sebagai contoh, apabila terjadi sebuah proses yang kemudian mengalami kegagalan, maka Windows 7 akan menangkap isi proses yang gagal dari memori untuk kemudian direplikasi melalui semacam “kloning”. Proses yang gagal akan diagnosa dan disaat yang bersamaan aplikasi pengguna (dalam proses yang telah direplikasi) sehingga dapat terus berjalan sehingga pemakai akan tetap produktif menggunakan aplikasi ketika Windows 7 menganalisa kondisi kegagalan proses. Itu merupakan salah satu fitur andalan dari Windows 7, dan tentu saja masih banyak fitur lain akan akan dibhasa dalam tulisan berseri ini.

Seperti halnya Windows Vista, sistem operasi ini juga memiliki beberapa fitur spesifik terkait design grafis dan animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan para pelaku bisnis lainnya. Interface yang disebut dengan Windows Aero juga tetap hadir dengan memberikan pengalaman desktop berkinerja tinggi. Dalam hal ini Microsoft juga menghadirkan tampilan profesional, desain transparan dengan efek-efek halus seperti refleksi dinamis, animasi yang halus dengan fitur-fitur navigasi 3D desktop Windows Flip and Flip yang semakin sempurna.

Kalau Anda sudah memanfaatkan kecanggihan Windows Vista, Windows 7 juga tetap mendukung kinerjanya, system ini memiliki beberapa fitur khusus seperti Windows Bitlocker Drive Encryption tetapi sudah semakin sempurna. Fitur ini berfungsi untuk melindungi data dan properti intelektual dari pihak lain apabila komputer tersebut hilang.

Spesifikasi Minimal untuk Menjalankan Windows 7

Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, ada yang 32 bit dan 64 bit. Begitu juga dengan Microsoft Windows Vista juga tersedia untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Sistem 32-bit dirancang secara spesifik untuk komputer-komputer standar, sementara versi 64-bit disiapkan untuk segmentasi menengah ke atas.
Untuk menginstalasi Windows 7 sebaiknya Anda harus mengetahui persyaratan minimal yang direkomendasikan Microsoft. Karena apabila tidak mungkin sistem yang Anda gunakan ini tidak akan jalan secara maksimal. Berikutini adalah gambaran singkat spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstalasi Windows 7 di komputer PC, Laptop, Notebook, atau Netbook Anda.

* 1 Gigaherz atau lebih untuk Processor 32-bit maupun 64-bit
* 1 Gigabyte (GB) Ram (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
* 16 GB Hard drive space (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
* Graphics Device yang mendukung DirectX 9, memori 12 Mbyte dengan WDDM Driver 1.0 atau lebih tinggi untuk antar muda Aero
* Tersedia koneksi ke Internet untuk keperluan aktivasi dan komunikasi lain yang berhubungan dengan Windows 7
* HomeGroup memerlukan kartu jaringan (NIC)
* DVD-ROM Drive, karena Windows 7 tersimpan dalam DVD-ROM.
* Webcamera
* Untuk fasilitas BitLocker membutuhkan Trusted Platform Module (TPM) 1.2
* Untuk BitLocker To Go memerlukan USB flash drive
* Untuk Windows XP Mode memerlukan tambahan 1 Gigabyte RAM, 15 Gigabyte hard disk space, dan CPU atau prosesor yang mampu menjalankan fasilitas virtualisasi, yaitu berupa CPU Intel VT atau AMD-V
* Sound Card atau kartu suara untuk menjalankanfasilitas multimedia, speaker dan microphone,
* Processor minimal 1GHz baik untuk 32-bit maupun 64-bit

Namun demikian bagi pengguna komputer atau laptop bermesin Celeron, RAM 256 dan 8 MB kartu VGA. Bahkan untuk bagi pengguna komputer bermesin CPU PIII 500MHz atau Pentium IV juga masih memungkinkan, hanya tentu saja tidak akan maksimal dan jalannya akan sangat lambat seperti kura-kura. Namun demikian tidak direkomendasikan menggunakan spesifikasi tersebut, tetapi menunjukkan skalabilitas Windows 7, ini berarti Windows 7 lebih enteng dan bisa berjalan lebihcepat dibandingkan dengan Windows Vista.

Satu hal lagi, Windows 7 jauh lebih mengemat sumberdaya. Sehingga penggunaan sistem operasi ini akan lebih hemat tahan lama dibandingkan dengan Windows Vista ataupun sistem operasi lainnya. Semoga laptop dan komputer PC Anda sudah memenuhi kriteria tersebut dan siap migrasi ke Windows 7.
Hardware lain yang juga harus diperhatikan adalah kartu grafik. Untuk menginstalasi Windows 7 sebaiknya meng-gunakan kartu grafik minimal 64 MB dan disarankan yang lebih tinggi agar menghasilkan kualitas tampilan yang memuaskan. Begitu juga dengan resolusi monitor juga harus diperhatikan. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kartu grafik yang digunakan.

Memulai Windows 7

Setelah proses instalasi selesai dilaksanaan dan komputer telah melakukan booting, maka sekarang Anda sudah siap untuk masuk ke lingkungan desktop Windows 7. Namun sebelumnya Anda harus menuliskan Username dan Password Anda, selain itu Anda juga harus menentukan nama komputer, dan sebagainya. Setelah desktop Windows 7 tampil di layar komputer Anda, selanjutnya sistem operasi ini sudah siap digunakan untuk berbagai keperluanb. Perlu diketahui agar sistem yang Anda gunakan nyaman dan aman serta memudahkan untuk melakukan update baik Windows Update, Windows Defender maupun yang lainnya, maka yang pernting dilakukan adalah meregistrasikan atau mengaktivasi sistem Anda. Proses aktivasi ini bisa menggunakan jalur telpon bebas pulsa dan busa juga menggunakan jalur internet. Untuk memudahkan sebaiknya gunakan jalur internet untuk proses aktivasi ini, karena prosesnya jauh lebih mudah dan cepat. Dengan proses aktivasi ini Windows 7 yang digunakan akan leluasa untuk melakukan berbagai proses update untuk sustem Anda.

Seperti Anda lihat pada tampilan desktop Windows 7 dalam keadaan default atau normal hanya menampilkan RecyleBeen, kemudian di tatask terlihat atau tombol Start, ikon Internet Explerer, Windows Explorer dan ikon Windows Media Player. Namun apabila sudah diinstalasi beberapa aplikasi lain, seprti Microsoft Office 2007, Acrobat Reader, dan sebagainya maka akan tampil beberapa ikon lain di desktop tersebut. Itu pun apabila Anda ingin menampilkannya.

Windows 7 hadir dengan 7 variasi

Windows 7 Starter. Windows 7 ini diperuntukan bagi mereka yang sudah memiliki komputer kecil atau netbook. Sistem ini lebih banyak fitur yang dapat digunakan untuk berhubungan dengan dunia maya atau internet

Windows 7 Home Basic. Windows 7 Hoe Basic ini secara umum hampir sama dengan Windows Vis home basic. Adapun fitur yang ada di Windows 7 Home basic ini sudah tergolong lengkap dibandingkan dengan Windows 7 Starter dan sangat direkomendasikan bagi pengguna rumahan

Windows 7 Home Premium. Windows 7 Home Premium merupakan sistem yang tergolong lengkap dan sangat cocok bagi pengguna rumahan, terutama yang menyenangi fasilitas TV tuner, DVD dan sebagainya. Selain itu tentu saja masih dilengkapi dengan berbagai fasilitas jaringan seperti Internet Connection Sharing, dan sebagainya.

Windows 7 Professional. Sesuai dengan namanya, Windows 7 Professional ini sangat cocok untuk para professional yang menginginkan koneksi yang handal, fasilitas yang lengkap, similar business tools, dan sebagainya. Fasilitas jaringan yang disediakan Windows 7 Professional ini jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Windows 7 versi Starter, Home Basic, maupun Home Premium

Windows 7 Enterprose. Fasilitas yang ditaarkan di Windows 7 Enterprize ini mencerminkan sistem yang layak digunakan untuk kalangan koporasi. Karena di dalamnya mencakup berbagai keperluan bisnis, perkantoran dan sebagainya. Windows 7 Enterprise ini jelas lebih lengkap dibandingkan yang sebelumnya dijelaskan, hanya saja sedikit dibawah Windows 7 Ultimate.

Windows 7 Ultimate. Windows 7 Ultimate ini merupakan sistem operasi keluaran Windows terlengkap. Jika Anda pengguna Windows Vista Ultimate, maka Windows 7 Ultimate ini pun fasilitasnya sama seperti Windows Vista Ultimate, hanay saja tentu fitur yang ada di Windows 7 ini jeuh lebih baik dan lebih canggih. Di sini Anda bisa mengetahui dan menggunakan fasilitas jaringan yang super lengkapp, fasilitas bacup dan restore yang semakin disempurnakan, dan sebagai fitur canggih lainnya da di Windows 7 Ultimate ini.

Windows 7 ‘E”. Sistem operasi ini tampaknya baru kali ini diluncurkan Microsoft menemani saudara-saudara lainnya. Hanya mungkin WIndows 7 “E” ini paarnya kemungkinan tidak mencakup seluruh dunia. Sebagai informasi untuk saat ini kemungkinan Windows 7 “E” ini beredari di kawasan Eropa saja. Mungkin bisa ja “E” itu adalah singkatan dari Europeaan. Namun untuk mengetahui lebih jauh mengenai Windows 7 “E” ini Anda dapat mengunjungi situsnya Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger